Sewa mainan Jabodetabek

Home » Blog » 5 Tahapan Tumbuh Kembang Anak

5 Tahapan Tumbuh Kembang Anak

proud-father-holding-his-newborn-baby-daughter-at-WEPX6JF-1-800x533

Pertumbuhan anak dari bayi hingga anak-anak tanpa disadari orangtua mereka tumbuh dengan lebih cepat. Sebagai orangtua tentu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan. Dalam setiap fase perkembangan anak-anak para orangtua pasti akan dikejutkan dengan berbagai perkembangan anak dari mulai bayi hingga anak-anak seperti mulai bisa tengkurap, berjalan hingga mengucapkan kata-kata sederhana dapat membuat orangtua merasa kagum. Oleh karena itu, bagi orangtua perlu untuk memperhatikan anak-anak mereka dengan mengetahui tumbuh kembang anak dan yang tak kalah penting adalah mengetahui sejauh mana perkembangan anak. Berikut tahapan-tahapan pertumbuhan anak yang bisa anda ketahui.

Usia 0-1 Tahun

Pertumbuhan bayi dari umur 0 sampai 1 tahun dapat berlangsung dengan cepat dan bayi biasanya akan cepat untuk bertambah besar. Dimulai dengan 1-3 bulan pertama anak akan mulai beradaptasi dengan lingkungan. Mereka belum terbiasa untuk tidur pada malam hari sehingga banyak orangtua yang harus begadang untuk menemani bayi-bayi mereka. Di usia ini bayi sudah mampu untuk peka terhadap suara dan cahaya. Ajak si kecil dengan berbicara dan mendengarkan musik untuk mengasah kemampuan mendengarkan mereka. Selain itu, bayi diusia ini juga sudah mulai belajar menggenggam.

Pada 3-6 bulan anak mulai dapat beradaptasi dan mengenal wajah orang-orang disekitarnya dan bisa berekspresi. Pada usia ini bayi belajar untuk tengkurang, sehingga para orangtua perlu untuk membantu bayi untuk tengkurap. Menginjak umur 6 bulan, bayi juga akan belajar untuk duduk meskipun belum stabil dan bayi mulai belajar untuk bergumam. Saat bergumam cobalah mengajak bayi untuk berbicara. Para orangtua juga bisa mulai untuk memberikan mainan pada bayi pada usia ini.

Pada usia bayi 6-12 bulan perkembangan bayi sudah mulai berkembang dengan pesat. Bayi sudah dapat tengkurap dan bahkan belajar berguling. Selain itu, bayi juga sudah mulai bisa merangkak di usia 6-9 bulan. Pada tahapan ini gigi juga akan mulai tumbuh dan menyebabkan rasa gatal, sehingga membuat bayi akan menggigit apa saja yang ada di depannya. Bagi orangtua penting untuk mengawasi bayinya untuk tidak menggigit sembarangan barang. Orangtua bisa memberikan makanan berupa biskuit untuk dipegang sehingga bayi akan menggigit biskuit tersebut. Ajak bayi untuk bermain  mainan bayi & anak. Pada saat usia ini bayi mulai pandai untuk mengetahui kata-kata yang diucapkan orang disekitarnya dan mulai belajar untuk mengenal beragam kata. Bahkan di usia ini anak mulai minta untuk dilatih. Pastikan bagi orangtua untuk mengawasi anaknya terutama saat bertatih karena bayi saat belajar berjalan dengan berpegangan pada apa saja sehingga rentan untuk terjatuh.

Usia anak 1-2 tahun

Pada usia ini anak sudah lancar dalam berjalan dan mulai dapat mengucapkan beragam kata dengan mengenal banyak kosakata. Pada usia 1-2 tahun, anak-anak juga cenderung akan mulai meniru perkataan orang disekitarnya sehingga bagi orangtua perlu untuk dapat mengatur kata-kata yang akan diucapkan kepada anak. Pada anak di usia ini juga dapat dikenali apakah anak mengalami keterlambatan dalam berbicara. Jika anda merasa anak mengalami keterlambatan anda bisa memulai untuk lebih sering dalam mengajak anak untuk berbicara. Jika perlu, anda juga bisa berkonsultasi dengan para ahli.

Hal-hal yang bisa anda ajarkan kepada anak diusia ini adalah coba ajari anak dengan mencuci tangan, membereskan mainannya dan mencoret-coret kertas. Pada saat usia ini anda juga bisa mulai untuk mengajari anak untuk menggunakan toilet. Hal ini akan mengajarkan anak untuk bisa bertanggung jawab sejak dini.

Usia anak 2-3 tahun

Usia ini biasa disebut dengan usia emas atau golden age. Disebut dengan golden age karena pada saat anak berumur sebelum 5 tahun, otak anak akan berkembang dengan pesat, sehingga peran orangtua sangat penting untuk dapat memberikan stimulasi tumbuh kembang anak yang bagus. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk dapat tumbuh dengan baik, sehat dan cerdas. Saat golden age inilah waktu yang terbaik bagi orangtua untuk mengajarkan anak berbagai hal.

Anak sudah pintar berekspresi pada usia ini. Anak mulai bisa menunjukkan rasa senang dan tidak suka terhadap suatu hal, Perkembangan motorik anak juga sudah bagus seperti anak sudah bisa berlari dan melompat. Anda bisa mulai mengenalkan benda-benda sehari-hari. Ajaklah anak untuk terus berkomunikasi untuk dapat meningkatkan kosa kata pada anak. Membacakan dongeng pada anak dapat membuat anak lebih banyak mengingat kosa kata dan dapat membuat anak memiliki empati serta melatih emosi pada anak. Pada usia ini anak juga mulai bisa mengikuti perintah sehingga anda bisa mengajarkan untuk makan dari piringnya sendiri dan cuci tangan.

Usia anak 3-5 tahun

Pada usia ini umumnya kemampuan anak mulai dari berbahasa, sensorik, kognitif emosi dan emosi sudah baik. Anak mulai dapat mengenal pertemanan dimana mereka akan mulai untuk berinteraksi dengan banyak orang terutama teman sebaya. Dalam hal ini peran orang tua juga penting untuk menunjukkan mana yang baik dan yang buruk kepada anak. Pada usia ini orangtua dapat mengajarkan anak untuk belajar menulis hingga menggambar. Buat kegiatan semenarik mungkin untuk anak. Perkembangan anak juga dapat dilihat dengan kemampuan untuk membedakan warna dan mengenal huruf dan berhitung dengan angka dasar seperti 1 hingga 10. Ajak anak untuk dapat berinteraksi sesering mungkin dengan mengajaknya berbicara tentang kegiatannya sehari-hari, siapa teman yang disukai dan kegiatan yang menarik yang sudah ia lakukan pada hari itu. Hal ini akan membuat anak merasa diperhatikan dan melatih kemampuan berbahasa mereka terutama.

Usia 6-10

Pertumbuhan anak mulai dari usia 6 hingga 10 sudah sangat baik. Pada usia ini tahap tumbuh kembang anak sudah bagus, bahkan muncul gigi permanen. Pada usia 6 tahun anak sudah bisa melakukan beberapa kegiatan secara mandiri seperti memakai baju dan bahkan mengikat tali sepatu sendiri. Keterampilan anak mulai berkembang mulai dari pintar dalam menggunakan peralatan sehari-hari seperti menggunakan peralatan makan dengan baik dan dapat membuat gambar dengan lebih jelas dengan peralatan tulis. Anak pada usia ini, umumnya sudah masuk ke sekolah umum, sehingga tidak mengherankan jika mereka mulai dapat berinteraksi dengan teman dan membuat kelompok. Anak usia 7 tahun juga sudah mampu untuk memilih minat kesukaannya mulai dari belajar olahraga hingga seni. Pada usia 8 tahun anak sudah bisa membaca beberapa kata.

Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan anak baik. Anak juga sudah lancar dalam berbicara dan mengutarakan emosinya seperti menunjukkan ketidaksukaan dan rasa suka terhadap suatu hal. Usia anak 9-10 tahun tahapan tumbuh kembang anak sudah sangat berkembang. Mereka mulai dapat mandiri dan menjalani pertemanan yang baik serta suka berkelompok. Mereka juga dapat mengenal hari, tanggal bulan hingga tahun dengan baik. Kemampuan belajar sudah sangat baik.

 

https://www.birdsnbees.co.id

Hubungi Kami