Sewa mainan Jabodetabek

Home » Blog » 4 Tips Memilih Sepatu Bayi

4 Tips Memilih Sepatu Bayi

small-cute-baby-shoes-in-fathers-hands-24RK8G71-800x533

Sepatu adalah pelindung kaki yang sangat dibutuhkan untuk seluruh manusia. Menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki bisa menimbulkan luka, hal ini sangat rentan terjadi untuk bayi. Bayi adalah makhluk yang sangat sensitif sehingga memilih sepatu untuk bayi harus dilakukan dengan teliti. Sepatu bayi berbeda dengan sepatu orang tua karena dibuat dan didesain untuk keamanan dan kenyaman bayi ketika dipakai berjalan. Ketika bayi memasuki masa belajar jalan, sepatu yang dipakai bayi harus sesuai dengan ukuran kaki bayi sehingga meminimalisir timbulnya kesalahan ketika bayi belajar jalan. Saat ini, sangat banyak sepatu bayi yang memiliki model beragam tetapi tidak dapat melindung kaki bayi sepenuhnya. Untuk itu, orangtua harus cermat dalam memilih sepatu untuk bayi.

Banyak merk sepatu bayi yang bisa dijadikan referensi untuk mencari tahu lebih banyak hal yang berkaitan tentang sepatu untuk bayi. Pada umumnya, merk sepatu bayi dan untuk orang dewasa sangat berbeda karena memiliki manfaat dan tujuan berbeda pula. Untuk orang dewasa, pada umumnya sepatu hanya berfungsi untuk melindungi dari benda-benda tajam yang bisa melukai kaki. Tetapi, untuk bayi sepatu berfungsi untuk menyangga bobot tubuh. Seperti yang sudah diketahui bahwa bayi tidak memiliki keseimbangan yang utuh seperti orang dewasa ketika berjalan. Dengan menggunakan sepatu yang tepat, bayi bisa belajar untuk menyangga bobot tubuhnya sendiri sehingga dapat terbiasa untuk berjalan dengan maksimal.

Tulang yang ada di tubuh bayi masih bisa berkembang hingga umur 6 tahun, hal ini juga yang menjadikan sepatu pada bayi memiliki fungsi sebagai benda yang membantu proses tumbuh kembang kaki bayi. Sepatu yang dipilih harus fleksibel, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. Dengan hal ini, sepatu bisa menyesuaikan tumbuh kembang kaki bayi dan bentuk kaki yang pada umumnya berbeda pada setiap bayi. Untuk bayi yang belum memasuki tahap berjalan, gunakan sepatu yang berbahan dasar sejuk dan berongga seperti rajut untuk pelindung kaki bayi dari udara panas sehingga bayi tetap merasa nyaman ketika menggunakan sepatu.

Untuk orang tua, sebaiknya tidak memakaikan sepatu dalam jangka waktu yang lama pada bayi. Karena bayi juga akan merasa kelelahan. Sepatu digunakan ketika hendak keluar rumah yang dirasa memiliki hal yang akan membuat bayi tidak nyaman seperti udara panas, udara dingin, debu yang banyak, dan banyak bahaya yang akan melukai kaki bayi. Karena masa pertumbuhan bayi sangat cepat, sebaiknya orang tua mengukur kembali ukuran kaki bayi setiap bulannya agar bayi merasa nyaman menggunakan sepatu dan tidak akan membuat adanya lecet ataupun luka di permukaan kaki bayi yang sangat sensitif. Jika berada di dalam rumah, sebaiknya orang tua membuat kaki bayi nyaman dengan tidak menggunakan sepatu yang memiliki fungsi untuk melindungi bayi ketika berjalan.

Sepatu bayi tidak diperlukan untuk bayi yang baru lahir. Sehingga bayi tidak perlu dipakaikan sepatu karena hal itu tidak memiliki manfaat. Gunakan sepatu pada bayi ketika bayi sudah mulai belajar jalan sehingga bayi juga akan memahami manfaat dan kegunaan sepatu adalah untuk melindungi mereka dari bebatuan, pasir, debu, dan tumbuhan yang dapat menganggu proses belajar jalan pada bayi. Saat ini, sangat banyak brand sepatu bayi yang mengeluarkan produk untuk bayi yang baru saja lahir. Orang tua harus cerdas menanggapi hal tersebut. Berikut tips memilih sepatu untuk bayi.

Bahan Sepatu

Dari semua hal, bahan sepatu adalah hal yang harus diperhatikan. Hindari sepatu yang memiliki bahan dasar plastik atau karet. Hal ini sangat tidak sesuai untuk struktur kaki bayi yang baru saja tumbuh dan menyesuaikan dengan bentuknya. Tidak menggunakan bahan karet dan plastik bertujuan gara tidak terjadi luka ataupun iritasi pada kaki. Orang tua harus memastikan untuk memilih sepatu bayi yang memiliki bahan dasar lembut dan material pada pertengahan atau isi sepatu berupa bantalan sehingga ketika digunakan untuk berjalan, bayi tidak merasa kesakitan.

Tujuan memilih sepatu bayi yang lembut tersebut adalah agar dapat menyesuaikan dengan ritme berjalan pada bayi. Karena setiap bayi memiliki ritme sendiri dalam berjalan, terdapat bayi yang berjalan dengan cepat seperti berlari dan terdapat pula bayi yang berjalan dengan  kecepatan yang kecil. Dengan memilih bahan sepatu yang tepat, bayi dengan semua ritme berjalan akan dapat berjalan dengan nyaman dan aman sehingga tidak membuat khawatir orang tua.

Pilih bahan sepatu yang akan membuat bayi merasa nyaman ketika menggunakannya. Sepatu bayi branded sangat memiliki banyak model dan desain yang sesuai untuk kebutuhan kaki bayi. Untuk itu, orang tua harus dapat memilih sepatu bayi yang diperlukan. Memperhatikan ukuran kaki bayi juga sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli sepatu bayi. Sebaiknya, memilih sepatu bayi yang memiliki ruang sedikit ketika digunakan, sehingga bayi tidak merasa kesempitan ketika beraktifitas menggunakan sepatu. Bahan yang dapat dipilih adalah bahan kulit yang memiliki kualitas paling lembut sehingga kaki bayi berkeringat, hal ini tidak menimbulkan masalah kesehatan. Memilih kualitas yang terbaik akan mampu menyerap keringat bayi sehingga sepatu dapat digunakan dengan nyaman.

Sol Sepatu

Terlihat tidak terlalu penting, tetapi sol sepatu pada bayi harus dipastikan tidak berbahan dasar yang licin. Hal ini akan membuat bayi bisa menjaga keseimbangannya ketika berjalan. Sol berbahan dasar yang licin akan membuat bayi mudah mengalami jatuh karena sol yang licin tidak bisa beradaptasi dengan pijakannya. Sol berbahan dasar yang licin tidak bisa digunakan di lantai karena bayi akan mudah tergelincir sehingga menimbulkan efek negatif. Sol sepatu yang berbahan dasar licin tidak mudah digunakan untuk seorang bayi yang baru saja belajar berjalan dengan lancar, hambatan-hambatan yang terdapat di pijakannya menimbulkan bahaya bagi bayi. Sol sepatu cocok untuk bayi adalah yang memiliki struktur kokoh tetapi tidak akan melukai kaki bayi ketika memakainya.

Pilih sol sepatu yang menggunakan anti selip. Sol anti selip adalah sol yang memiliki tambahan khusus di bagian bawah tapak kaki. Tidak terlalu tinggi tetapi dapat membuat bayi menjadi lebih nyaman dan aman ketika berjalan.Tidak bisa dipungkiri, karena bayi tidak selalu ada dalam pengawasan orang tua. Keadaan lantai rumah yang licin dapat menjadi ancaman bahaya bagi bayi. Sebelum hal tersebut terjadi, orang tua seharusnya sudah mencegah hal ini. Salah satu caranya adalah dengan memilih sol sepatu yang anti licin dan memiliki anti slip. Gunakan sol sepatu yang bersifat fleksibel agar bayi tidak kesakitan karena bahan sol yang kaku. Setelah itu, hal yang harus kamu gunakan adalah memilih ujung sepatu yang memiliki struktur kelebaran yang besar. Hal ini ditujukan agar kaki bayi dan jari-jari yang ada didalamnya dapat bergerak leluasa sehingga bayi tidak merasa keresahan karena sepatu yang terlalu kecil.

Jangan Gunakan Sepatu Tali

Dengan  berkembangnya gaya berpakaian bayi, banyak sekali produsen sepatu bayi yang mengeluarkan model sepatu bertali untuk bayi. Hal ini terlihat sangat bagus untuk bayi dalam penampilannya tetapi tidak untuk dampaknya. Bayi yang baru saja memasuki masa berjalannya belum mampu untuk mengikat sendiri tali sepatu mereka. Sehingga ketika tali terlepas, bayi tidak akan memahami bahwa hal tersebut adalah sebuah bahaya, dan banyak sekali kejadian ketika tali sepatu terlepas. Bayi bisa jatuh karena menginjak tali sepatu mereka sendiri karena belum memahami kegunaan tali tersebut. Hal tersebut harus diperhatikan sebelum membeli sepatu bagi bayi untuk semua orang tua yang mencari cara memilih sepatu untuk bayi yang aman dan terpercaya.

Hindari memilih sepatu dengan aksesoris yang berukuran besar dan mudah lepas. Aksesoris yang mudah lepas dan memiliki ukuran besar dapat mengganggu bayi ketika berjalan karena ukuran aksesoris tersebut. Untuk bayi yang baru saja belajar berjalan, gunakan sepatu yang polos agar mudah terlihat apa yang dilalui ketika bayi berjalan. Menghindari sepatu yang memiliki aksesoris bertujuan agar bayi tidak memasukkan aksesoris tersebut kedalam mulutnya. Bayi merupakan tahap manusia yang melakukan semua hal tanpa memikirkan terlebih dahulu baik dan buruknya. Aksesoris yang terletak di bagian sepatu tentu saja membawa kuman-kuman yang tidak terlihat oleh mata manusia sehingga akan membahayakan tubuh bayi yang sangat rentan terkena penyakit. Aksesoris yang berukuran besar juga rentan lepas sehingga bisa menjadi hambatan atau sandungan ketika bayi berjalan tanpa memperhatikan jalan. Hal tersebut harus diperhatikan lebih teliti oleh orang tua agar tidak terjadi hal yang mencelakakan bayi ketika belajar berjalan.

Ukuran dan Bentuk Kaki Bayi

Jika diperhatikan dengan seksama, setiap bentuk kaki bayi memiliki bentuk yang berbeda-beda. Untuk itu, orang tua harus memilih sepatu bayi yang sangat menyesuaikan bentuk kaki bayi. Walaupun tidak akan 100% sama dengan bentuk kaki bayi yang sebenarnya, hal ini akan membantu bayi merasa nyaman dengan sepatu pilihan orang tua. Bentuk kaki bayi yang seperti melebar ke depan tidak membutuhkan sepatu dengan model lurus sepenuhnya karena bayi tentu saja tidak akan merasa nyaman ketika menggunakannya. Model yang tepat juga menunjang kenyamanan bayi saat menggunakan sepatu untuk berjalan. Sama halnya dengan orang dewasa, sepatu yang tepat akan menambah rasa nyaman jauh lebih banyak dibandingkan sepatu yang tidak sesuai.

Pertumbuhan bayi yang sangat cepat membuat ukuran kaki bayi cepat berubah pula. Tidak seperti orang dewasa yang bisa mengatakan bahwa sepatu yang lama sudah tidak sesuai lagi, bayi tidak akan melakukan hal tersebut. Sehingga sebagai orang tua harus lebih cepat menyadari hal ini dengan melakukan pengukuran ulang pada kaki bayi ketika memeriksa kesehatan bulanan bayi. Sama seperti bagian tubuh yang lain, kaki bayi memiliki potensi besar untuk bertumbuh jauh lebih besar dari sebelumnya dalam waktu yang singkat.

4 Tips memilih sepatu untuk bayi diatas adalah tips yang harus diperhatikan sebagai orang tua ketika memiliki keinginan untuk membeli sepatu bayi. Pada umumnya, sepatu memiliki tujuan yang sama tetapi jika ditujukan untuk bayi, hal tersebut menjadi berbeda. Dengan memperhatikan Bahan sepatu, sol sepatu, sepatu bertali, ukuran dan bentuk kaki, bayi akan nyaman untuk melakukan aktifitas berjalannya.

 

Sumber : https://www.birdsnbees.co.id

Hubungi Kami